APENSO INDONESIA

header ads

WUJUDKAN KELUARGA BERKUALITAS

WUJUDKAN KELUARGA BERKUALITAS

(Gambar Ilustrasi)


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Dalam setiap masyarakat, keluarga memainkan peran yang sangat penting dalam memelihara budaya dan meneruskan norma-norma dan nilai-nilai yang dipegang oleh suatu bangsa tertentu. 

Perilaku yang dipelihara orang tua, keyakinan mereka, filosofi tentang dunia, harapan gender dan semua nilai mereka ditegakkan dan diteruskan kepada anak-anak mereka. Unit keluarga sangat penting untuk perkembangan anak-anak di banyak bidang karena berfungsi sebagai model bagi anak-anak untuk belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang. Ide ini, yang dikenal sebagai teori Pembelajaran Sosial, dikembangkan oleh Albert Bandura. 

Teorinya menyatakan bahwa anak-anak belajar banyak perilaku berdasarkan pengamatan orang-orang di sekitar mereka dan kemudian meniru mereka. Karena anak-anak sebagian besar berada di sekitar orang tua, saudara kandung, dan mungkin keluarga besar mereka hingga mereka mulai bersekolah, mereka belajar sebagian besar keterampilan komunikasi, nilai-nilai dan norma-norma sosial dari keluarga mereka. 

Setiap tanggal 29 Juni selalu diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional, termasuk penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir selalu menganggap bahwa keluarga adalah segalanya, karena bagi penulis adalah sesuatu yang paling berharga diantara harta yang kita miliki, karena bagi penulis harta yang paling indah.

Seperti yang dilakukan penulis pada hari Rabu, 29/6/2022 di sela - sela kesibukan selesai sholat maghrib bercanda bersama dan nyanyi bersama dengan keponakan lagu Indonesia Raya dan Ya Lal Wathon. Penulis dan Keponakan semangat ketika di hari keluarga tersebut. Yang penting bisa melihat Ponakan tersenyum itu adalah harga yang paling mahal diantara apapun, kata penulis.



Posting Komentar

0 Komentar