APENSO INDONESIA

header ads

Ajak dan Ajarkan Siswa Spegrinam Sukses Dari Diri Sendiri Bukan Dari Orang Lain

Ajak dan Ajarkan Siswa Spegrinam Sukses Dari Diri Sendiri Bukan Dari Orang Lain



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Setiap orang ingin meraih kesuksesan dalam hidupnya, di bidang masing-masing. Namun, kebanyakan orang seringkali mengeluh di tengah proses yang masih berjalan atau ketika berhadapan dengan rintangan eksternal yang mereka rasakan sulit, berat, dan mustahil dilewati. 

Ujungnya, mereka putus asa, pesimis, tak mau berikhtiar lagi, mencari jalan baru, serta berpikir dalam sudut pandang lain. 

Keluhan tersebut sejatinya berakar pada ketidakmampuan seseorang untuk mengenali dan menguasai potensi besar dalam dirinya serta kekuatan luar biasa yang terpendam dan perlu dikembangkan. Pendek kata, ia belum selesai dengan diri sendiri. 

Jika mengelola dan memaksimalkan potensi diri sendiri saja tidak mampu, apalagi menaklukkan tantangan eksternal dari luar dirinya. Maka, mengenali dan mengembangkan potensi diri sendiri merupakan kunci utama kesuksesan. Hal ini menyangkut pengenalan terhadap karakter, motivasi, keyakinan, tujuan, harapan, dan habit diri sendiri sebelum berhadapan dengan aspek eksternal. 

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tahun Pelajaran 2022-2023 di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusomo, Kecamatan Semampir pada hari Senin, 18/7/2022 pukul 06.30 melaksanakan kegiatan Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMP PGRI 6 Surabaya. 

Dalam kesempatan ini, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bertindak sebagai Pembina Upacara mengajak siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya baik yang kelas 7 – 9 untuk terus meraih mimpi, jangan takut untuk bermimpi, terus bermimpi. Insya Allah kelak mimpi tersebut akan jadi kenyataan. 

Penulis mengajak siswa/siswi bahwa kesuksesan tersebut bukan dari Guru atau yang lain, tapi kesuksesan tersebut dari diri kalian sendiri, teruslah berkarya, hiasi sekolah ini dengan piala-piala dari prestasi yang kalian miliki, kata penulis dalam sambutannya di Upacara Pembukaan MPLS 2022 tersebut.

Alhamdulilah, kegiatan MPLS 2022 di SMP PGRI 6 Surabaya adapun materi yang disampaikan pada hari Senin, 18/7/2022 sesi pertama yaitu 4 pilar dalam kehidupan kebangsaan dan bernegara dengan narasumber yaitu ibu Duwi Lestari, S.E., sedangkan materi sesi yang kedua yaitu pendidikan karakter disampaikan oleh ibu Mei Kurniatul Adawiyah, S.Pd. 

Dimana setiap materi selalu diselipkan ice breaking sehingga peserta didik semangat dalam mengikuti kegiatan MPLS tersebut.

Dalam kesempatan yang baik tersebut, penulis berkali-kali mengajak siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya untuk terus meraih kesuksesan dari diri kalian sendiri. Penulis berharap semoga kelak menjadi generasi emas unggul dan berkarakter yang bisa membanggakan, serta mengharumkan keluarga dan sekolah.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar