APENSO INDONESIA

header ads

Bersama Departemen Matematika ITS Tingkatkan Kompetensi Guru di Era Digital pada Abad 21 serta Mencetak Generasi Emas Unggul dan Berkarakter di SMP Swasta Surabaya Utara Melalui Kegiatan ANBK

Bersama Departemen Matematika ITS Tingkatkan Kompetensi Guru di Era Digital pada Abad 21 serta Mencetak Generasi Emas Unggul dan Berkarakter di SMP Swasta Surabaya Utara Melalui Kegiatan ANBK


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. 

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan untuk mengukur literasi membaca dan numerasi.

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. 

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Dalam rangka meningkatkan Kompetensi Guru di Era Digital pada abad 21 untuk mencetak generasi emas unggul dan berkarakter di SMP Swasta Surabaya Utara serta dalam rangka mempersiapkan ANBK Tahun 2022-2023 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara pada hari Rabu 27/7/2022 mengadakan kegiatan Pelatihan Asesmen Nasional (Numerasi) Pengabdian Masyarakat Departemen MatematikA ITS. Dimana kegiatan tersebut dimulai pukul 08.30 di Aula Hasan Al Banna Al Irsyad Surabaya. 

Dalam kesempatan tersebut, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir yang juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dalam sambutannya mengajak Guru – Guru SMP Swasta Surabaya Utara walaupun SMP Swasta Khususnya di wilayah Surabaya Utara yang minim siswa, jangan sampai Kompetensi Guru di abaikan. 

Apalagi dalam menyiapkan ANBK 2022-2023 yang Agustus 2022 nanti sudah mulai pelaksanaan Simulasi ANBK 2022-2023. Karena dari hasil ANBK mencerminkan Mutu Sekolah yang dinilai lewat Rapot Pendidikan. Penulis meminta kepada Guru – Guru Matematika dan IPA SMP Swasta Surabaya Utara yang hadir sebanyak 100 orang tersebut jangan sampai Sekolah Swasta khususnya SMP Swasta Surabaya Utara dinilai masyarakat tidak berkualitas.

Dalam kesempatan tersebut juga, diserahkan vandel dari MKKS SMP Swasta Surabaya Utara kepada Departemen Matematika ITS Surabaya. Materi yang disampaikan yaitu pembukaan dan karakteristik soal AKM oleh Prof. Dr. Dra. HJ Mardlijah, MT. Materi yang kedua yaitu tentang bilangan yang disampaikan oleh Prof. Drs. H. Basuki Widodo, M.Sc, Ph.D. Materi yang ketiga yaitu Pengukuran dan Geometri yang disampaikan oleh Dr. H. Darmaji, S.Si, MT. 

Sebelum ke materi berikutnya ibu Dewi Suzanti, S.Pd dari SMP Barunawati Surabaya mengajak ice breaking. Dimana 100 peserta diajak bermain asah kreativitas. Materi selanjutnya yaitu Saintifik yang disampaikan oleh Dr. HJ. Valeriana Lukitosari, S.Si, MT. Materi selanjutnya yaitu Data dan Ketidakpastian yang disampaikan oleh Dra. Laksmi Prita Wardhani, M.Si dan Materi terakhir adalah Aljabar yang disampaikan oleh Endah Rokhmati M.P., Ph.D.

Sebelum acara berakhir pukul 15.15, penulis meminta perwakilan peserta yang dimana dalam kesempatan ini diwakili oleh bapak Mukhlis, S.T dari SMP Mujahidin dan ibu Yuyun dari SMP Al-Irsyad Surabaya.

Sebelum berakhir penulis meminta bapak/ibu Guru SMP Swasta Surabaya Utara untuk menanamkan konsep tentang numerasi tersebut. Jangan sampai anak didik kita SMP Swasta Surabaya tidak paham konsep mulai Bilangan Pengukuran dan Geometri, Saintifik Data dan Ketidakpastian serta Aljabar. Berikan pemahaman konsep dan proses yang baik kepada anak didik kita, sehingga mereka merasa nyaman dalam soal – soal numerasi tersebut.

Alhamdulilah dalam kesempatan tersebut penulis membawa kue dari kegiatan tersebut sisa – sisanya disumbangkan ke Panti Asuhan PPAY Al – Amal Surabaya. Penulis meminta doa kepada anak-anak yatim di PPAY Al – Amal Surabaya yaitu semoga kegiatan pelatihan ini semakin berkah dan barokah selamanya, serta semoga Guru-Guru SMP Swasta Utara diberikan kesehatan, kelancaran rezeki, sukses dunia akhirat, berkah dan barokah selamanya, kata penulis kepada anak yatim di PPAY Al - Amal tersebut.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar