APENSO INDONESIA

header ads

BERSAMA KITA BISA SAMBUT GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER DENGAN PENDAMPINGAN IKM DAN OPTIMALISASI PEMANFAATAN PMM

BERSAMA KITA BISA SAMBUT GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER DENGAN PENDAMPINGAN IKM DAN OPTIMALISASI PEMANFAATAN PMM


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Balai Guru Penggerak Provinsi Jawa Timur melaksanakan bimbingan teknis pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) kepada satuan pendidikan pelaksana IKM pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. 

Tujuan dari pelaksanaan bimbingan teknis ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan Guru dan Kepala Sekolah pada satuan Pendidikan Pelaksana IKM pada jenjang SMP pada pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan. 

Kemendikbudristek telah menyiapkan sejumlah dukungan untuk mewujudkan kurikulum merdeka. Salah satunya adalah Platform Merdeka Mengajar. Melalui dukungan ini, Kemendikbudristek ingin agar setiap guru dan kepala sekolah yang telah siap menjalankan kurikulum merdeka, dapat menikmati kesempatan pelatihan yang sama dengan kualitas yang sama.
 
Platform Merdeka Mengajar memang bisa diakses para guru dan kepala sekolah dari mana saja dengan mengunduh aplikasi Merdeka Mengajar yang telah tersedia di Google PlayStore. Selain itu, Platform Merdeka mengajar ini juga bisa diakses melalui lama guru.kemdikbud.go.id.
 
Para guru dan kepala sekolah yang ingin mengakses beberapa produk Platform Merdeka Mengajar dapat menggunakan akun belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id. Di Platform Merdeka Belajar, para guru dan kepala sekolah dapat menikmati beberapa fitur. Di antaranya fitur belajar pelatihan mandiri. Di dalam fitur ini tersedia berbagai materi pelatihan berkualitas.
 
Selain itu juga tersedia fitur video inspirasi yang memungkinkan para guru mendapatkan berbagai video inspiratif untuk mengembangkan dirinya.
 
Kemudian, guru juga bisa mengunggah portofolio hasil karyanya yang bisa diakses oleh guru lain sehingga dapat saling berbagi inspirasi dan membuka peluang untuk berkolaborasi.
 
Selanjutnya, untuk kebutuhan mengajar, di dalam platform merdeka mengajar juga tersedia lebih dari 2 ribu referensi perangkat ajar yang meliputi RPP, modul ajar, modul project, dan buku siswa yang berbasis kurikulum merdeka.
 
Untuk kebutuhan mengajar ini, di dalamnya juga tersedia fitur asesmen murid (siswa) yang dapat membantu guru melakukan analisis awal literasi dan numerasi dengan cepat, sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik. Menariknya, asesmen ini bisa dipergunakan untuk semua mata pelajaran.
 
Pada prinsipnya, selain memungkinkan setiap guru di Indonesia mendapat kesempatan mengakses pelatihan yang sama dengan kualitas yang sama, fitur-fitur yang tersedia di dalam platform ini juga membantu setiap guru di seluruh Indonesia agar dapat saling berbagi praktik baik dan menginspirasi di platform yang sama.
 
Kemudian, guru juga dapat mengakses berbagai perangkat ajar yang bisa dijadikan contoh atau langsung dipakai, serta dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan kecepatan masing-masing.

Alhamdulilah dalam kesempatan tersebut, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir bersama dengan guru-guru yang terdiri dari Anis Laily Mufidah, S.Pd, Yuni Ismaryati, S.Pd, Dina Ayu Septyarini, S.Pd, Dra. Tiwik Sukirahayu, Mei Kurniatul Adawiyah, S.Pd pada hari Senin, 11/7/2022 mengikuti pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan optimalisasi pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) melalui link Zoom : http://ringkas.kemdikbud.go.id/pendampingansurabaya.

Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan pukul 08.00 dan berakhir pukul 11.30.

Dalam kesempatan ini, penulis menyampaikan P
Pesan Dirjen GTK Kemendikbudristek menjelang tahun ajaran baru 2022/2023, tentang pentingnya Asesmen Awal/Asesmen diagnostik dan Pembelajaran Terdiferensiasi. 

Harapannya semoga SMP PGRI 6 Surabaya bisa menyambut siswa baru dengan kurikulum baru yaitu kurikulum Merdeka, serta harapannya bapak/ibu guru mencetak generasi emas unggul dan berkarakter.

Di akhir acara, penulis dan guru-guru SMP PGRI 6 Surabaya mengisi daftar hadir melalui link : https://formulir.kemdikbud.go.id/view.php?id=23743972.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar