APENSO INDONESIA

header ads

Bersama Komisi IX DPR RI dan BPOM Ajak Guru SMP PGRI 6 Surabaya Cek Klik (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa)

Bersama Komisi IX DPR RI dan BPOM Ajak Guru SMP PGRI 6 Surabaya Cek Klik (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa)


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Peredaran obat illegal merupakan masalah serius yang tidak saja terjadi di Indonesia, tapi secara global. Menurut Laporan yang dikumpulkan oleh WHO bahwa pemalsuan obat merata jenisnya, mulai dari obat kanker hingga kontrasepsi, obat mahal, merek terkenal, paten, maupun generik. Sejak 2013 (laporan WHO rilis 2017), Badan Kesehatan Dunia telah menerima 1.500 laporan obat palsu. Dari jumlah tersebut, kasus terbanyak adalah obat antimalaria dan antibiotik. 

Dalam rangka kegiatan Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalagunaan Obat Bersama Tokoh Masyarakat pada hari Kamis, 21 Juli 2022 penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir bersama dengan ibu Yuni Ismaryati, S.Pd, ibu Dina Ayu Septyarini, S.Pd, ibu Sugiarti, S.Pd, ibu Sri Supadmi, S.Pd, ibu Dra. Tiwik Sukirahayu, ibu Mei Kurniatul Adawiyah, S.Pd bersama MKKS SMP Swasta Surabaya Utara yang terdiri dari bapak Ainul Yaqin, S.Si selaku Kepala SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya, bapak H. Oemar, S.Ag mendatangi undangan dari Badan Pengawas Obat Dan Makanan di Pondok Pesantren At Tauhid Sidoresmo Dalam II/37 Surabaya.



Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Arzeti Bilbina, S.E., M.A.P selaku Anggota DPR RI Komisi IX dari Fraksi PKB. Badan Pengawas Obat Dan Makanan menyampaikan untuk selalu Cek KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar, dan Cek Kedaluwarsa) merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat agar terhindar dari obat dan makanan yang berbahaya dan/atau tidak memenuhi syarat. 

Dengan Cek KLIK, konsumen mempunyai kendali penuh untuk memperhatikan obat dan makanan yang beredar, khususnya di pusat perbelanjaan yang memiliki banyak counter ritel. Upaya edukasi ini tak hanya digencarkan Badan POM kepada masyarakat, namun juga pelaku usaha dan lintas sektor terkait termasuk asosiasi dan lembaga sosial masyarakat.

Penulis berharap kepada bapak/ibu Dewan Guru SMP PGRI 6 Surabaya maupun MKKS SMP Swasta Surabaya Utara adanya edukasi ini merupakan salah satu cara membentuk konsumen yang cerdas dan berdaya dalam melindungi diri sendiri, keluarga dan lingkungannya, sehingga harapan penulis akan tumbuh generasi emas unggul dan berkarakter.

#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar