APENSO INDONESIA

header ads

MANAJEMEN PROFESIONAL

MANAJEMEN PROFESIONAL 


Oleh: Gempur Santoso 
(Dosen UMAHA Sidoarjo)


Profesional itu terkait dengan manajemen (pengelolaan/manajerial). Dilakukan pula oleh orang yang profesional. Dan menghasilkan pekerjaan yang profesional. Bisa dipertanggungjawabkan hasil kebenarannya, bukan abal-abal.

Jika para profesional, bekerja pada manajemen tidak profesional/manajemen tradisional. Seorang profesional tak akan berguna maksimal. Akan terbawa arus budaya setempat. Penyesuaian.

Begitu sebaliknya. Jika para tradisional (tidak profesional). Bekerja pada manajemen profesional. Akan kesulitan melakukan, karena bukan ahlinya, dan tak mungkin seseorang semuanya ahli.

Apalagi sok profesional. Bisa jadi akan mengalami kerugian. Atau, tersendat-sendat mencapai tujuan.

Setidaknya profesional itu ada tiga syarat: pertama, pekerjaannya dilakukan oleh ahlinya. Dilakukan atas kesadaran dan tanggungjawabnya.

Bertanggungjawab atas profesinya, bukan dilakukan bila diperintah. Artinya mau melakukan pekerjaan atas perintah. Bukan karena atas tanggungjawab. Kalau tidak diperintah tidak jalan. Bisa pula terpaksa seolah bisa, karena bukan ahlinya. Tidak bertanggujawab atas tugasnya kewajibannya. Itu bukan seorang profesional.

Kedua, memiliki kode etik yang jelas. Atau organisasi yang formal jelas. Stantard operasional procedure (SOP) yang jelas.

Dan, ketiga, SOP penggajian juga harus jelas. Sesuai tanggungjawab. Sesuai tingkatnya. Sesuai pekerjaannya (jobs) yang harus diselesaikan. Hak dan kewajibannya jelas.

Ada profesional, ada tradisional. Dan, ada juga pokok-e mlaku (yang penting usaha bisa hidup/jalan) - pakai campuran (campur yang tak tahu "bingung").

Bagus manajemen yang mana? Yah...tergantung, pakai madab ilmu manajemen yang mana.

Ada yang tak jelas. Sangat mungkin dalam hipotesis (anggapan) pokok-e yang "menguntungkan" (itu bisa dikatakan kehilangan konsep).

Saat ini, profesional digandrungi. Lebih jelas. Gampang diikuti. Banyak yang berhasil dalam usahanya.

Dan, yang penting satu madab manajerial saja. Walau mengakui madab manajerial yang lain. 

Manajemen profesional merupakan sebuah ilmu (konsep/paradigma). Apabila pakai satu  ilmu (paradigma/konsep) dicampur ilmu lain menjadi tidak baik. Walau semua ilmu tujuannya baik.

Semoga semua selalu sehat lahir dan batin...aamiin yra.

(GeSa)





Posting Komentar

0 Komentar