APENSO INDONESIA

header ads

MANULA DIPRIORITASKAN

MANULA DIPRIORITASKAN 


Oleh: Gempur Santoso


Manusia lansia (lanjut usia) usia 60 tahun dan lebih-ke atas. Pemerintah Indonesia sangat memperhatikan pelayanan para orang yang sudah tau itu. 

Ketika lansia memperpanjang masa berlaku SIM (surat ijin mengemudi), diprioritaskan. Langsung di foto. Setelah itu, SIM dicetak. Cepat sekali.

Walau lansia sudah tak full memerlukan SIM, tidak nyopir. Setidaknya SIM berlaku untuk kenangan. Secara psikologis menentramkan lansia. Memang petugas SIM di polres baik hati.

Begitu pula, saat memperpanjang masa kedaluwarsa paspor. Lansia diprioritaskan, tidak perlu daftar online. Langsung dibantu pak Satpam (satuan pengamanan). Diarahkan ke petugas imigrasi. Diberi Blangko. Langsung diisi. Antri panggilan foto. Selesai. Semua resmi.

Sekitar empat hari sesudahnya, ambil paspor yang sudah jadi. Antri sebentar. Cepat. Paspor yang sudah jadi diberikan. Hebat. Kantor imigrasi bagus, sistemnya mudah. Petugasnya baik hati, ramah.

Selain itu, saat di puskesmas (pusat kesehatan masyarakat) pun diberi prioritas. Ruang tunggu khusus lansia. Pendaftaran khusus lansia. Dan, lain-lain.

Kalau mau ke dokter di Rumah Sakit, harus terlebih dulu mendapat rujukan dari Puskesmas. Untuk pengobatan melalui BPJS (dulu namanya Askes).

Manula dalam proses hidup, memang lebih banyak butuh dibantu orang lain. Butuh bantuan yang muda - kuat. Butuh bantuan orang lain yang terampil. Butuh bantuan anak milenial yang pandai online. Seikhlasnya (legolilo), yang penting tidak menindas orang lain. 

Manula lebih banyak bertahan hidup. Manula sudah tak membutuhkan prestasi. Manula yang penting ada ajakan kebaikan, ya....dilakukan kebaikan itu, sekuatnya.

Biarkan saja segala yang dilihat tidak mengenakkan. Biarkan saja segala hal yang didengar tidak mengenakkan. Selama manula bisa lakukan, tentu lakukan sendiri. Pelan-pelan. Tetap nyaman saja.

Semoga semua panjang umur. 

Manula pernah muda. Tetapi yang muda belum tentu sampai tua. Ada pula manula masih tegar, nyatanya juga ada yang driver online. Dan, lain-lain. Hanya Allah SWT yang Maha Tahu.

Salam sehat lahir batin...aamiin yra.

(GeSa)



Posting Komentar

0 Komentar