APENSO INDONESIA

header ads

TIDAK ADA MANUSIA DI MUKA BUMI SEMPURNA KECUALI DIBEKALI ILMU

TIDAK ADA MANUSIA DI MUKA BUMI SEMPURNA KECUALI DIBEKALI ILMU


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Belajar tentunya menjadi hal yang wajib bagi para pelajar. Tetapi, tidak hanya para pelajar saja yang wajib melakukan aktivitas tersebut. Mahasiswa, pekerja kantoran ataupun seorang dosen pun juga perlu belajar. Faktanya, memang semua orang mampu melakukan aktivitas belajar. Hanya saja yang menguasai cara belajar efektif dan efisien lah yang mampu menyerap hasil belajar lebih baik. 

Belajar efektif adalah cara belajar yang sesuai dengan kondisi personal pembelajar, baik dari segi metode, penggunaan tempat, ataupun penggunaan waktu. Sedangkan belajar efesien adalah cara belajar yang meminimalkan usaha tetapi mendapatkan hasil yang maksimal. Yang diminimalkan disini juga berupa waktu, tempat, sarana dan prasarana belajar dan lain-lain. 

Biasanya seseorang belajar tidak terlalu lama, tetapi sangat menguasai materi tersebut, karena orang tersebut kemungkinan mempunyai cara efisien dalam belajar, selain metode yang mereka gunakan dalam belajar. 

Yang perlu diingat disini adalah, tidak orang pintar atau bodoh dalam belajar, yang ada hanyalah orang malas, dan tak tahu cara belajar yang baik.

Tidak ada manusia di muka bumi ini yang tidak pintar, yang ada adalah manusia yang malas tidak mau berusaha itulah yang disampaikan oleh penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Selasa, 19/7/2022 ketika apel pagi sebelum mengikuti MPLS 2022/2023 hari kedua berkegiatan yaitu Ngaji Morning di Lapangan yang dimulai pukul 06.30. 



Dimana setelah Ngaji Morning, penulis mengajak ice breaking bermain di lapangan selama 30 menit sebelum masuk ke dalam kelas pembelajaran. Dimana kegiatan ice breaking  yaitu untuk mengetahui konsentrasi dari siswa/siswi tersebut. Dalam kesempatan tersebut, penulis memberikan reward/hadiah kepada siswi SMP PGRI 6 Surabaya berupa uang Rp5.000,-



Tepat pukul 07.30 semua peserta masuk ke dalam ruang kelas untuk menerima materi sesi 1 yaitu cara belajar efektif menurut psikologi yang di sampaikan oleh ibu Sri Supadmi, S.Pd. Setelah itu, materi sesi yang kedua yaitu program sekolah & kegiatan extra yang disampaikan oleh ibu Dina Ayu Septyarini, S.Pd selaku Guru Bahasa Inggris.

Sedangkan, materi terakhir yaitu menumbuhkan kesadaran dan sikap bela negara yang disampaikan oleh bapak Achmad Syaifuddin, S.H.I selaku Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.

Dalam kesempatan yang baik ini, penulis mengajak seluruh siswa/siswi untuk selalu belajar, belajar dan belajar. Karena tanpa belajar kita seperti kehilangan arah tujuan. Makanya, penulis mengajak terus belajar agar kelak menjadi generasi emas unggul dan berkarakter.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar