APENSO INDONESIA

header ads

AGUSTUSAN, HUT KEMERDEKAAN RI

AGUSTUSAN, HUT KEMERDEKAAN RI




Agustusan itu istilah peringatan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, pada 17 Agustus 1945. Saat ini Indonesia Merdeka sudah 77 tahun. 1945 sampai dengan 2022. Sekali merdeka tetap merdeka.

Merdeka itu sangat penting daripada dijajah. Para perumus pembukaan UUD 1945. Menorehkan kalimat: kemerdekaan itu hak segala bangsa, oleh sebab itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. 

Karena, penjajah itu tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Pola pikir (mindset) penjajah (imperialisme) itu, jelas tidak sesuai dengan perikemanusiaan. Mengapa? Karena menindas manusia lain. 

Pola pikir penjajah. Mungkin dalam istilah bahasa jawa mangan balunge kancane (memakan tulang belulang temannya). Atau dapat diartikan, orang lain yang bekerja, tetapi dia (penjajah) sekadar "menyuruh" dan menikmati hasilnya.

"Menyuruh" bisa berarti "menekan", bisa berarti "mempermainkan", bisa berarti "ngapusi/membohongi" orang lain. Jelas itu tak berperikemanusiaan. Melanggar asasi manusia. Melanggar kesempurnaan manusia.

Dalam firman, kira-kira artinya bahwa "Allah SWT menciptakan makhluk manusia itu paling sempurna". Hal itu diterjang oleh imperialis. Begitu kiranya.

Manusia itu sama. Ya sama sebagai manusia. Dalam firman, artinya bahwa "semua manusia itu sama dihadapan Allah SWT, yang membedakan hanyalah ketaqwaannya".

Kemerdekaan Agustusan. Itu berkat Rahmad dari Allah SWT. Kita syukuri kemerdekaan itu. Rasa syukur itu dengan mengisi kemerdekaan.

Selain itu. Menyukuri kemerdekaan ada yang dengan tirakatan "mengenang". Di kampung saya "selamatan" di setiap gang RT (rukun tetangga).

Semua jalan, sudut jalan. Gemerlap. Kelap-kelip lampu warna warni. Bendera merah putih berkibar. Diramaikan pula umbul-umbul berbendera. Tampak sangat meriah.

Siang hari, meriah. Malam hari, juga meriah. Biasanya itu semua, terpasang, sebulan Agustus suntuk.

Selamat hari ulang tahun (HUT) ke 77 Republik Indonesia (RI). Sekali merdeka tetap merdeka.

Rukun agawe santoso (persatauan menjadikan sentausa). Merdeka.

Salam sehat lahir batin selalu...aamiin.

(GeSa)






- Saat ini diupload...pas kenduren selamatan tirakatan HUT ke 77 kemerdekaan RI di kampung.







Posting Komentar

0 Komentar