APENSO INDONESIA

header ads

AJAK GURU SMP PGRI 6 SURABAYA UNTUK SELALU IKHLAS DAN BERSYUKUR KEPADA ALLAH SWT DALAM MENCETAK GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER

AJAK GURU SMP PGRI 6 SURABAYA UNTUK SELALU IKHLAS DAN BERSYUKUR KEPADA ALLAH SWT DALAM MENCETAK GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Begitu banyaknya manusia menerima kenikmatan dari Allah SWT, hingga manusia tidak akan pernah bisa menghitungnya. Salah satunya adalah, udara yang selalu kita hirup secara gratis selama hidup kita. Seberapa banyak udara yang kita gunakan, tentu tak dapat kita hitung. 

Selain itu, kita juga menikmati penerangan yang didapatkan dari sinar matahari dari pagi hingga sore hari. Hal tersebut diberikan oleh Allah SWT kepada kita tanpa memberinya harga sedikitpun kepada manusia. 

Syukur hati berarti meyakini dengan sepenuh hati, bahwa segala nikmat yang diperoleh merupakan karunia Allah. Segala nikmat yang dirasakan manusia, berasal dari Allah SWT. 

Dengan kesadaran dan keyakinan tersebut, akan membuat hati tenang. Tidak ada rasa khawatir atau takut kehilangan nikmat yang telah diperoleh. Karena, kita meyakini bahwa nikmat dan karunia adalah pemberian Allah SWT. Sehingga Allah SWT berhak untuk mengambilnya kembali jika Dia menghendaki. 

Bersyukur dengan perbuatan adalah, mempergunakan segala nikmat yang dikaruniakan menurut kehendak Allah SWT yang telah memberikan nikmat itu. Ini artinya, nikmat tersebut harus digunakan untuk melaksanakan perintah Allah SWT, dan berbuat kebaikan yang memberi manfaat bagi orang lain.

Misalnya, ketika dikaruniai harta kekayaan oleh Allah SWT, maka bayarkan zakatnya dan lengkapi dengan infak dan sedekah untuk membantu yang membutuhkan. Singkat kata, segala macam yang Allah SWT karuniakan kepada kita, gunakanlah dijalan Allah SWT dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi umat.

SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir yang selalu mengajarkan baik kepada siswa ataupun guru untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT lewat berbagai cara.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya walaupun sekolah kecil, sekolah pinggiran dengan jumlah siswa sedikit tapi jangan lepas dari kata syukur karena dengan bersyukur Allah SWT akan memberikan lebih. Makanya, sebagai rasa syukur kepada Allah SWT banyak sekali yang dilakukan antara lain ngaji morning baca juz amma, asmaul husnah, yasin dan istighosah.

Penulis berharap agar bapak/ibu dewan guru maupun siswa/siswi untuk selalu bersyukur dan ikhlas agar kelak tumbuh menjadi siswa sehat, menjadi generasi emas unggul dan berkarakter.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat








Posting Komentar

0 Komentar