APENSO INDONESIA

header ads

BERSAMA UNIKA WIDYA MANDALA DAN SMP SWASTA SURABAYA UTARA SUKSESKAN ANBK 2022 MENUJU SEKOLAH BERKUALITAS DI WILAYAH SURABAYA UTARA

BERSAMA UNIKA WIDYA MANDALA DAN SMP SWASTA SURABAYA UTARA SUKSESKAN ANBK 2022 MENUJU SEKOLAH BERKUALITAS DI WILAYAH SURABAYA UTARA


 
Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Sekolah unggul merupakan lembaga pendidikan yang lahir dari sebuah keinginan untuk memiliki sekolah yang mampu berprestasi di tingkat nasional dan dunia dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Untuk mencapai keunggulan tersebut, maka masukan (input), proses pandidikan, guru dan tenaga kependidikan, manajemen, layanan pendidikan, serta sarana penunjangnya harus diarahkan untuk menunjang tercapainya tujuan tersebut. 

Literasi adalah suatu kemampuan individu dalam mengolah dan memahami informasi ketika melakukan kegiatan membaca dan menulis. Dengan kata lain, literasi ialah seperangkat keterampilan dan kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, berhitung serta memecahkan masalah dalam kehidupannya sehari-hari. Dan secara etimologis istilah literasi sendiri berasal dari bahasa latin “literatus” yang dimana artinya adalah orang yang belajar.

Sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Ristek Nomor : 013/H/PG.00/2022 tanggal 24 Maret 2022 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2022 dalam meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah SMP Swasta Surabaya Utara dan meningkatkan rapot pendidikan di SMP Swasta Surabaya, serta menyiapkan ANBK baik numerasi maupun literasi pada hari Selasa, 9/8/2022 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bekerjasama dengan UNIKA Widya Mandala Surabaya mengadakan kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Lokakarya dan Pendampingan Kompetensi Literasi Strategi Pemahaman Teks dan Pengembangan Asesmen MKKS SMPS Surabaya Utara Tahun 2022 yang diadakan di kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Dinoyo Ruang A302. 

Dalam sambutannya Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara yang juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara menyampaikan terima kasih kepada UNIKA Widya Mandala Surabaya atas bantuannya kepada SMP Swasta Surabaya Utara. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan rapot pendidikan di SMP Swasta Surabaya Utara melalui ANBK 2022. Jangan sampai Sekolah Swasta Surabaya Utara rapot pendidikan jelek akibatnya Sekolah Swasta dibilang tidak bermutu.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan Penandatanganan MOU antara MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dengan UNIKA Widya Mandala Surabaya. Dalam hal ini dari MKKS SMP Swasta Surabaya Utara diwakili oleh Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dan pihak UNIKA Widya Mandala diwakili oleh Ibu Dr. Lanny Hartanti selaku Wakil Rektor III UNIKA Widya Mandala Surabaya. Semoga dengan kerjasama itu bisa meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Swasta Surabaya Utara.

Dalam Kesempatan tersebut pula, bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, bapak Ir. H. Yusuf Masruh, MM menyampaikan untuk tetap menjaga protokol kesehatan di sekolah, serta ajak anak didik kita untuk ikut kegiatan. Jangan takut kalah karena itu bisa menumbuhkan semangat untuk anak didik. Mereka kelak akan teringat.

Di samping itu, Kepala Dispendik menyampaikan terima kasih kepada UNIKA Widya Mandala Surabaya yang sudah membantu SMP Swasta Surabaya Utara dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kota Surabaya Utara.



Dalam kesempatan tersebut, materi yang diterima guru – guru bahasa Indonesia SMP Swasta Surabaya Utara adalah Konsep Literasi dan Strategi Pemahaman Teks Dan Pengembangan AKM Literasi oleh Dr. Ruruh Mindari, M.Pd. 

Dimana dalam penyampaiannya luar biasa keren. Guru – guru SMP Swasta Surabaya Utara sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 tetap semangat mengikuti kegiatan tersebut. Penulis berharap semoga hasil ANBK 2022 meningkat, serta guru dapat menciptakan siswa/siswi menjadi generasi emas unggul dan berkarakter.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar