APENSO INDONESIA

header ads

Di Hari Jadi Pramuka ke – 61 SMP PGRI 6 Surabaya Ajak Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa Dalam Mencetak Generasi Emas Unggul dan Berkarakter

Di Hari Jadi Pramuka ke – 61 SMP PGRI 6 Surabaya Ajak Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa Dalam Mencetak Generasi Emas Unggul dan Berkarakter


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Praja Muda Karana atau disingkat menjadi Pramuka yang berarti rakyat muda yang suka berkarya merupakan istilah yang diprakarsai oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX, beliau juga didapuk sebagai Bapak Pramuka Indonesia dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pertama. 

Gerakan Pramuka kini menginjak tahun ke-61 sejak ditetapkan dalam Keppres Nomor 448 Tahun 1961. Peringatan ini mengangkat tema ‘Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa’. Tujuannya adalah membentuk sikap dan perilaku serta meningkatkan kemandirian, keterampilan.

Sejalan dengan amanat undang-undang bahwa lembaga pendidikan ditujukan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui penanaman pengetahuan dan sikap untuk mempertahankan kedaulatan negara. Selain itu, melalui lembaga pendidikan, generasi muda penerus bangsa dengan bekal pengetahuan dan sikap tersebut diharapkan mampu berkarya memajukan peradaban bangsa dan bersama bangsa lain menciptakan kehidupan ideal yang penuh kesejahteraan. 

Setiap anggota Pramuka di civitas madrasah ini mampu mengilhami semangat juang, semangat berkarya, dan semangat mempertahankan tumpah darah Indonesia. Gerakan Pramuka di lingkungan madrasah sangat penting bukan karena sebagai ekstrakurikuler yang wajib diikuti peserta didik, tetapi dalam setiap program kepramukaan ada muatan pengetahuan dan sikap yang sangat kita butuhkan mulai dari dasar-dasar bertahan hidup hingga bagaimana memaksimalkan potensi pribadi.

Dalam menyambut hari Pramuka SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Senin, 15/8/2022 mengadakan kegiatan Upacara Bendera dalam rangka hari Pramuka yang ke – 61 tahun.

Dalam kesempatan ini, seluruh siswa/siswi memakai seragam pramuka lengkap dan yang bertindak menjadi Pembina Upacara adalah ibu Sri Supadmi, S.Pd.

Dalam amanatnya, ibu Sri Supadmi, S.Pd menyampaikan untuk selalu ikut ektra pramuka untuk mengajak kedisiplinan, mencetak karakter yang baik, serta mengajak untuk peduli berbudaya lingkungan.

Di samping itu, ibu Sri Supadmi, S.Pd mengajak siswa/siswi untuk mengabdi tanpa batas dalam membangun ketangguhan bangsa dalam mencetak generasi emas unggul dan berkarakter.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar