APENSO INDONESIA

header ads

Melalui Simulasi ANBK 2022-2023 Siapkan Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya Menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter Dengan 9 Konsep ANBK

Melalui Simulasi ANBK 2022-2023 Siapkan Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya Menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter Dengan 9 Konsep ANBK 


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



ANBK adalah Asesmen Nasional Berbasis Komputer, sebuah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan. ANBK berfungsi untuk memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. 

Simulasi ANBK Gelombang 1 berlangsung pada tanggal 1-4 Agustus 2022 untuk jenjang SMA/SMK/Sederajat dan SMP/Sederajat. Ada 3 instrumen ANBK, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. ANBK ini akan diikuti oleh peserta didik kelas 5, 8, dan 11 yang dipilih secara acak oleh Pemerintah di satuan pendidikan, serta diikuti oleh guru dan kepala sekolah. 

Dalam mempersiapkan ANBK 2022-2023 banyak sekali persiapan yang telah dilakukan SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Selasa 2/8/2022 siswa kelas 8 Tahun Pelajaran 2022-2023 mengikuti kegiatan Simulasi ANBK 2022-2023 sebanyak 11 siswa.

Dalam kesempatan ini, penulis membagikan kartu peserta ANBK 2022-2023 kepada 11 siswa. Dimana kegiatan Simulasi ANBK dimulai pukul 13.30, setelah jam pelajaran selesai sehingga tidak mengganggu jam pembelajaran efektif.

Setelah dibagikan kartu peserta, siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya menempati tempat duduk yang sudah disiapkan. Di Simulasi awal ini masih banyak siswa/siswi yang kebingungan saat mengoperasikan komputer. Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menuntun seluruh siswa/siswi dengan sabar mulai dari memasukkan user, password sampai ke soal. 

Penulis mengakui masih banyak kekurangan, dimana banyak sekali trobel – trobel dalam mengerjakan soal tersebut.

Dalam kesempatan ini, penulis juga menyampaikan bahwasannya kegiatan hari ini adalah awal untuk menuju ke pelaksanaan ANBK sukses. Jadi, jika hari ini siswa tidak bisa mengerjakan soal, sering log out tidak perlu risau karena hanya Simulasi bagaimana AKM tersebut dalam proses pengerjaannya di siswa/siswi kelas 8.

Penulis menanamkan konsep ANBK kepada 11 siswa/siswi, sehingga pada saat ANBK September 2022 nanti siswa/siswi tidak bimbang dan bingung. Adapun konsep tersebut adalah sebagai berikut :

1. Masukan User Name
2. Masukan Pasword
3. Login
4. Masukan Data Siswa (Nama Lengkap Siswa)
5. Masukan Tanggal Lahir Siswa 
6. Masukan Token
7. Tekan Submit
8. Kerjakan dan Baca Soal  
9. Klik Selesai

Sembilan konsep tersebut yang diajarkan penulis kepada ke 11 siswa peserta Simulasi ANBK Tahun 2022-2023. Kuasai konsepnya, sehingga saat ada trobel ketika ANBK berlangsung tidak perlu bingung dan gugup, kata penulis.

Semoga 11 siswa SMP PGRI 6 Surabaya siap ANBK 2022, serta hasil ANBK 2022 bagus untuk rapot Pendidikan sehingga kualitas Pendidikan tidak di ragukan masyarakat umum, serta penulis berharap agar siswa/siswi tumbuh menjadi generasi emas unggul dan berkarakter.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar