APENSO INDONESIA

header ads

Melalui Try Out ANBK Mengangkat Rapot Pendidikan Di SMP Swasta Surabaya Utara

Melalui Try Out ANBK Mengangkat Rapot Pendidikan Di SMP Swasta Surabaya Utara


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



ANBK adalah Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang diselenggarakan Kemendikbudristek untuk menilai mutu setiap sekolah. Mutunya dinilai dari hasil belajar murid, kualitas proses belajar mengajar, dan iklim satuan pendidikan. 

Dikutip dari laman Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemendikbudristek, instrumen yang dipakai di ANBK adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. 

AKM menjadi instrumen yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Sementara Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid. 

Sedangkan Survei Lingkungan Belajar akan mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan. 

Asesmen Nasional diberikan kepada murid bukan di akhir jenjang satuan pendidikan. Asesmen Nasional juga tidak digunakan untuk menilai peserta didik yang menjadi peserta asesmen. Selain itu, Hasil Asesmen Nasional tidak akan memuat skor atau nilai peserta didik secara individual. Seperti dijelaskan sebelumnya, hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran.

Dalam menyiapkan hasil rapor pendidikan yang berkualitas di MKKS SMP Swasta Surabaya Utara, banyak sekali kegiatan yang dilakukan mulai simulasi ANBK dari Kemdikbud, lomba kompetisi AKM dan Try Out AKM dengan penerbit Erlangga.

Dimana sekolah-sekolah SMP Swasta di Surabaya Utara benar-benar mempersiapkan anak didik mereka dengan sebaik mungkin agar tidak mengecewakan sekolah untuk hasil rapot pendidikannya.

Menurut penulis yang juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dan Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengangkat rapot pendidikan di SMP Swasta Surabaya Utara agar kualitas pendidikan di wilayah Surabaya Utara unggul.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat





Posting Komentar

0 Komentar