APENSO INDONESIA

header ads

Menciptakan Lingkungan Sekolah Yang Nyaman Dan Aman Dalam Mencetak Generasi Emas Unggul Dan Berkarakter Di Bumi SMP PGRI 6 Surabaya

Menciptakan Lingkungan Sekolah Yang Nyaman Dan Aman Dalam Mencetak Generasi Emas Unggul Dan Berkarakter Di Bumi SMP PGRI 6 Surabaya


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Lingkungan bersih merupakan dambaan semua orang. Namun tidak mudah untuk menciptakan lingkungan kita bisa terlihat bersih dan rapi sehingga nyaman untuk dilihat. Tidak jarang karena kesibukan dan berbagai alasan lain, kita kurang memperhatikan masalah kebersihan lingkungan di sekitar kita, terutama lingkungan rumah. 

Seiring majunya tingkat pemikiran masyarakat serta kemajuan teknologi di segala bidang kehidupan, maka tingkat kesadaran untuk memiliki lingkungan dengan kondisi bersih seharusnya ditingkatkan dari sebelumnya. Beragam informasi mengenai pentingnya lingkungan dengan kondisi bersih serta sehat dapat diketahui melalui media cetak dan online. 

Tentu saja lingkungan dalam kondisi bersih serta sehat akan membuat para penghuninya nyaman dan kesehatan tubuhnya terjaga dengan baik. 

Kesehatan tubuh manusia berada pada posisi paling vital. Alasannya tentulah mengarah pada keberagaman kegiatan hidup manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan seseorang dengan menjaga lingkungan mereka tetap terlihat bersih dan rapi. 

Lingkungan yang bersih akan menjauhkan sumber-sumber penyakit untuk berkembang di sekitar kita. Hal itu tentu berkaitan dengan kesehatan. Selain itu, dengan lingkungan yang bersih pula, kita akan merasa nyaman dan betah untuk berada di rumah. 

Sebenarnya bukan hanya terbatas pada lingkungan rumah, tapi juga lingkungan sekitar tempatnya berada. Rumah memang menjadi bagian paling dekat dari kehidupan manusia. Segala rencana serta persiapan hidup untuk masa depan, senantiasa direncanakan di rumah secara persentase yang besar oleh manusia di dunia ini. Jadi, sudah selayaknya menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan rumah menjadi tanggungjawab masing-masing individu. 

Meski faktor lain di luar lingkungan rumah juga mempengaruhi kondisi kebersihan maupun kesehatan tubuh, tapi lingkungan rumah termasuk paling inti dan pertama harus dijaga lebih dulu. Lingkungan dengan kondisi bersih yang bebas dari timbunan sampah, juga akan terhindar dari bencana seperti banjir pada musim hujan. 

Pada hari Kamis, 25/8/2022 di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir bersama dengan ibu Sugiarti, S.Pd selaku Kordinator UKS mengajak siswa/siswi kelas 8 untuk membersihkan ruang UKS dan ruang BK.



Alhamdulilah siswa/siswi langsung tanggap membersihkan ruang UKS dan ruang BK dengan di sapu lantainya, lemari di tata, dan tempat tidur UKS di pindah. Selain itu juga, membersihkan sawang-sawang yang ada di plafon.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya bahwa bersih itu sehat dalam menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan aman. Alhamdulilah, siswa/siswi kelas 8 selesai bersih-bersih diberikan sarapan pagi nasi bungkus.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat







Posting Komentar

0 Komentar