APENSO INDONESIA

header ads

PENALARAN

PENALARAN


Oleh : Suryadi
Direction of Education Apenso Indonesia



Manusia mengembangkan pengetahuannya mengatasi kebutuhan kelangsungan hidup ini. Dia memikirkan hal-hal baru, karena dia hidup bukan sekedar untuk kelangsungan hidup, bukan hidup untuk makan, namun lebih dari itu. 

Manusia dalam hidupnya mempunyai tujuan tertentu yang lebih tinggi dari sekedar kelangsungan hidupnya. Inilah yang menyebabkan manusia mengembangkan pengetahuannya; dan pengetahuan ini jugalah yang mendorong manusia menjadi makhluk yang bersifat khas di muka bumi ini.

Pengetahuan ini mampu dikembangkan manusia disebabkan dua hal utama yakni, pertama, manusia memiliki bahasa yang mampu mengkomunikasikan informasi dan jalan pikiran yang melatarbelakangi informasi tersebut. 

Sebab kedua, yang menyebabkan manusia mampu mengembangkan pengetahuannya dengan cepat dan mantab adalah, kemampuan berpikir menurut suatu alur kerangka berpikir tertentu.
Secara garis besar cara berpikir seperti ini disebut penalaran.

Tentu saja tidak semua pengetahuan berasal dari proses penalaran; sebab berpikirpun tidak 
semuanya berdasarkan penalaran. Manusia adalah makhluk yang berpikir, merasa, mengindera; dan totalitas pengetahuannya berasal dari ketiga sumber tersebut. Di samping wahyu : yang merupakan komunikasi Sang Pencipta dengan makhluk Nya. (Sur)




🌸🌸🌸






Posting Komentar

0 Komentar