APENSO INDONESIA

header ads

Pramuka Cetak Generasi Milenial Ramah Lingkungan dan Menjadi Generasi Emas Unggul Dan Berkarakter di Bumi Hijau SMP PGRI 6 Surabaya

Pramuka Cetak Generasi Milenial Ramah Lingkungan dan Menjadi Generasi Emas Unggul Dan Berkarakter di Bumi Hijau SMP PGRI 6 Surabaya


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Gerakan Pramuka harus dikembangkan dengan cara-cara kreatif dan kekinian sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Hal ini untuk mengikuti pola-pola baru kehidupan ketika disruptif teknologi (disruptive technology) hadir begitu cepat dan mengancam kemapanan yang telah ada saat ini. 

Gerakan Pramuka harus memakai cara-cara kreatif, cara-cara kekinian, cara-cara yang lebih dekat dengan generasi millenial. Jadilah Generasi Milenial Ramah Lingkungan, bahwa saat ini masalah lingkungan hidup dan kehutanan semakin beragam. 

Menciptakan generasi muda yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan dan hutan merupakan salah satu solusi untuk mengatasinya. Gerakan Pramuka dapat dijadikan ujung tombak pembangunan karakter generasi muda ramah lingkungan. 

Membangun mindset 3R (reduce, reuse, recycle) dan mengenalkan konsep circular economy merupakan pendekatan baru yang harus dikenalkan kepada generasi muda agar terjadi perubahan perilaku di masyarakat, sehingga masalah pengelolaan sampah dapat semakin mudah diatasi terutama dalam mencapai target Indonesia dalam pengelolaan sampah 100% pada tahun 2025. 

Semoga dari gerakan ini kita bisa menarik hikmah pelajaran dari lingkungan alam yang harus kita jaga dan lestarikan, sehingga dengan kepala tegak kita bisa mengatakan meskipun para superhero tidak menyelamatkan dunia pun, tetapi Pramuka bisa berbangga telah memulainya.

SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir. Pada hari Sabtu, 13/8/2022 melaksanakan kegiatan extra pramuka yang dimulai pukul 07.00.

Sebelum mulai extra pramuka siswa/siswi melakukan kegiatan ngaji morning. Dalam kesempatan ini, pelatih extra pramuka kak Syahrul, S.Pd membagi siswa untuk membentuk Kelompok regu maximal 8.

Setelah itu kak Syahrul, S.Pd mengajak seluruh siswa/siswi pramuka cetak generasi milenial ramah lingkungan serta menjadi generasi emas unggul dan berkarakter.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar