APENSO INDONESIA

header ads

SEKOLAH KECIL PINGGIRAN TANAMKAN "OJOK WEDI MLARAT GARA – GARA BERSEDEKAH"

SEKOLAH KECIL PINGGIRAN TANAMKAN "OJOK WEDI MLARAT GARA – GARA BERSEDEKAH"


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Sedekah adalah memberikan separuh harta sebagai bentuk rasa syukur. Sedekah yang diberikan juga bukan hanya berupa uang tetapi bisa juga berupa kebutuhan pokok. Sedekah tidak akan mengurangi harta yang diberikan kepada orang lain tetapi menggandakan. 

Islam bukan hanya agama yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya, namun juga mengatur hubungan antara sesama manusia bahkan seluruh makhluk di alam ini. 

Salah satu aturan yang diperintahkan Islam berkaitan hubungan antar sesama manusia, yang kental dengan nilai sosial, adalah ibadah sedekah. 

Di dalam hadis yang shahih dijelaskan bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta. Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda,
مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ
“Sedekah tidak akan mengurangi harta, tidaklah memberikan maaf melainkan Allah akan menambahkan kemuliaan bagi seorang hamba, tidaklah seseorang tawadhu’ karena Allah melainkan Allah akan angkat derajatnya.” (HR. Muslim).

SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 -9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir sebagai Sekolah Kecil Pinggiran tetapi selalu mengajak dan mengajarkan untuk berbagi kepada sesama seperti yang dilakukan siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya pada hari Jum'at, 12/8/2022 seperti biasa di sekolah tersebut diisi dengan kegiatan Jum'at berkah. 

Dimana sebelum pembagian sedekah, di isi dengam yasin dan istigohsah yang dipimpin oleh bapak Achmad Syaifuddin, S.H.I selaku Guru Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP PGRI 6 Surabaya.

Dalam kesempatan ini, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya selalu mengajak siswa/siswi agar "ojok wedi mlarat gara – gara bersedekah, ayo terus tingkatkan sedekah kita bersama," kata penulis.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar