APENSO INDONESIA

header ads

Bersama Departemen Matematika ITS Siapkan Pembelajaran Yang Aktif, Kreatif, Inovatif Dan Menyenangkan di SMP Swasta Surabaya Utara

Bersama Departemen Matematika ITS Siapkan Pembelajaran Yang Aktif, Kreatif, Inovatif Dan Menyenangkan di SMP Swasta Surabaya Utara


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Sebagai upaya memasifkan edukasi literasi, Jaringan Sekolah Indonesia Dompet Dhuafa Pendidikan menginisiasi gerakan Gemari Baca sebagai cara untuk membangun sistem kerelawanan yang biasa disebut Duta Gemari Baca. 

Pemuda adalah penggerak, sejak dulu hingga saat ini pemuda memegang peranan penting dalam peradaban. Salah satu cara yang bisa kita lakukan ialah berkolaborasi membentuk sebuah komunitas. 

Kenapa? Karena kita, para pemuda, bukan soal jumlah usia, tapi cara dia memandang tentang masa depan. Tips dan trik, serta cara jitu dalam memaksimalkan kemampuan komunitas, serta relawan melalui nilai-nilai kerelawanan yang sudah di internalisasi. 

Dalam paparannya ia menambahkan jika komunitas yang baik ialah komunitas yang mampu berkolaborasi secara luas, sinergis, dan berkelanjutan.

Dalam mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, serta menyenangkan dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka bagi peserta didik di wilayah SMP Swasta Surabaya Utara, pada hari Selasa, 27/9/2022 penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir bersama bapak Ainul Yaqin, S.Si. selaku Kepala SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya dan bapak H. Oemar, S.Ag. selaku Kepala SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya ngopi bersama Prof. Dr. Subiono, M.S. dan Dr. Imam Mukhlash, S.Si., MT. di Ruang Diskusi Matematika ITS sambil makan soto ayam. Kami semua membahas masalah pendidikan di Indonesia.



Selesai dari Ruang Diskusi, penulis bersama Dr. Imam Mukhlash, S.Si., MT. dan tim dari MKKS SMP Swasta Surabaya Utara berkunjung ke Kepala Departemen Matematika ITS bertemu dengan Subchan, Ph.D. dan Dr. Darmaji, S.Si., MT. 




Dalam kesempatan tersebut, penulis meminta kepada ITS untuk melakukan kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis digital sehingga pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, serta menyenangkan dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka dapat dirasakan oleh peserta didik. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat








Posting Komentar

0 Komentar