APENSO INDONESIA

header ads

Bersama SMP Nasional Denpasar dan MKKS Wujudkan Generasi Emas, Cerdas, Berkarakter di SMP Swasta Surabaya Utara

Bersama SMP Nasional Denpasar dan MKKS Wujudkan Generasi Emas, Cerdas, Berkarakter di SMP Swasta Surabaya Utara


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Sejak dulu pendidikan karakter memang gencar dilakukan dan sangat penting diajarkan kepada peserta didik, guna menghasilkan generasi emas. Pendidikan karakter di sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila menghasilkan generasi pelajar Pancasila. 

Ada 6 ciri utama belajar Pancasila yaitu kreatif, bernalar kritis, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan akhlak mulia, gotong royong dan kebhinekaan global. Seperti yang diketahui, bahwasanya pendidikan karakter merupakan konteks penting pada abad 21 guna mengatasi krisis moral generasi Indonesia. 

Kebijakan pemerintah untuk menguatkan pendidikan karakter ini diperlukan bantuan atau kerjasama yang baik antara pemerintah, sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, orang tua dan peserta didik itu sendiri. 

Karakter sendiri merupakan wujud abstrak dari manusia yang berbentuk perilaku dan kebiasaan setiap individu. Keluarga merupakan lingkungan pertama yang membentuk karakter seseorang, di mana mereka dididik dan diajarkan nilai-nilai berbudi luhur. Karakter seseorang juga dibentuk berdasarkan lingkungannya, sekolah memiliki peran penting untuk menguatkan karakter peserta didik. 

Sistem pendidikan yang baik dapat memajukan pendidikan bangsa dan mengejar ketertinggalan bangsa lain dalam bidang sains teknologi ataupun ekonomi. Kita semua tahu bahwa tujuan pendidikan bukan hanya mencerdaskan anak bangsa, tetapi membuat mereka lebih berkarakter dan dapat menjalankan nilai-nilai yang baik. 

Untuk implementasi, pendidikan karakter perlu dilakukan secara sistematis yang di dalamnya terdiri dari beberapa aspek, mulai dari aspek afektif, kognitif dan psikomotorik yang berjalan beriringan. 

Contoh implementasi pendidikan karakter dalam diri siswa yaitu mereka menjadi siswa yang cerdas dalam proses belajar di kelas, memiliki akhlak mulia dan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler atau olahraga.

Mengapa pendidikan karakter ini sangat penting? Karena tanpa adanya perilaku yang baik, perkembangan pengetahuan akan menurunkan nilai luhur, melemahkan kepribadian yang baik serta membuat generasi bangsa tidak dapat mempertahankan dan mengembangkan kesejahteraan bangsa.

Dalam mewujudkan generasi emas, cerdas, dan berkarakter, SMP Swasta Surabaya Utara selalu mengibarkan untuk terus maju untuk wujudkan generasi tersebut. Dimana SMP Swasta Surabaya Utara mulai melebarkan sayapnya, seperti pada hari Rabu, 28/9/2022 Kepala SMP Swasta Surabaya Utara mengambil MOU dari masing - masing SMP Swasta Surabaya Utara dengan SMP Nasional Denpasar Bali. MOU tersebut diambil di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir. 




Menurut penulis yang juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dan Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menyampaikan bahwa tujuan dari MOU tersebut adalah SMP Swasta Surabaya Utara dengan SMP Nasional Denpasar Bali dapat mewujudkan generasi emas, cerdas dan berkarakter di SMP Swasta Surabaya Utara. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar