APENSO INDONESIA

header ads

BERSAMA SMP SWASTA SURABAYA UTARA TINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH MELALUI KEGIATAN ANBK 2022

BERSAMA SMP SWASTA SURABAYA UTARA TINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH MELALUI KEGIATAN ANBK 2022


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Asesmen Nasional atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 akan dilaksanakan pada September mendatang. Asesmen Nasional akan berlangsung di sekolah secara daring dan semi daring. Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan Kemendikbudristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. 

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan tiga instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Agar Asesmen Nasional dapat berjalan dengan lancar, maka semua pihak yang terlibat sepatutnya mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing. Khususnya satuan pendidikan sebagai pihak utama yang akan menjalankan Asesmen Nasional. Pelaksana Asesmen Nasional tingkat Satuan Pendidikan dibentuk oleh masing-masing satuan pendidikan.

Pada hari Senin - Kamis, 19-20 September 2022 SMP se-Indonesia mengadakan kegiatan ANBK 2022 (Asesmen Nasional Berbasis Komputer). Dimana terbagi menjadi 2 gelombang yaitu gelombang 1 hari Senin - Selasa, 19 - 20 September 2022. Sedangkan, gelombang 2 dilaksanakan mulai 21 - 22 September 2022. 




Alhamdulilah dalam kesempatan ini penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir mengikuti ANBK gelombang 1 dengan 1 sesi. Dimana pengawas ruang di SMP PGRI 6 Surabaya adalah dari SMP Islam Lil Wathon Surabaya. 



Karena hanya 1 sesi, penulis juga melakukan pemantauan ANBK 2022. Dimana Penulis memberikan support dan motivasi baik ke siswa/siswi, proktor, Kepala Sekolah, dan pengawas ruang ANBK. 

Alhamdulilah pelaksanaan ANBK selama 4 hari di wilayah Surabaya Utara berjalan lancar, serta semoga hasil ANBK 2022 SMP Swasta Surabaya Utara baik, serta semoga kualitas SMP Swasta Surabaya Utara unggul dan berkualitas, serta tidak diragukan masyarakat. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar