APENSO INDONESIA

header ads

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Kunci Prestasi Siswa di SMP PGRI 6 Surabaya Dalam Menghadapi ANBK 2022

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Kunci Prestasi Siswa di SMP PGRI 6 Surabaya Dalam Menghadapi ANBK 2022



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Hidup bersih dan sehat baru-baru ini sedang digandrungi oleh semua kalangan. Hal ini tentu ada kaitannya dengan kondisi Pandemi COVID-19 yang masih menjadi polemik hampir 2 tahun belakangan. Semua orang berlomba-lomba menjalani pola hidup sehat dan menjaga kebersihan pribadi maupun lingkungan sekitar. Ini tentunya merupakan kebiasaan baru yang sangat positif dan perlu dilanjutkan secara konsisten.

Edukasi dan pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan sehat menjadi penting untuk dimiliki sejak dini. Meskipun tidak dalam kondisi pandemi, hidup dengan kebiasaan yang baik seperti ini dapat menjaga tubuh dari serangan penyakit terutama yang disebabkan bakteri, virus, dan kuman. 

Lingkungan sekolah adalah tempat yang sangat mungkin menjadi agen penyebaran penyakit karena dalam lingkungan sekolah banyak interaksi langsung yang terjadi antar siswa dengan siswa, guru dengan siswa, dan guru dengan guru. Selain itu, hampir 1/3 waktu yang dimiliki siswa dalam satu hari dihabiskan di lingkungan sekolah untuk belajar sehingga lingkungan sekolah yang bersih tentunya perlu diwujudkan untuk kenyamanan belajar siswa. 

Inilah mengapa edukasi dan sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di lingkungan sekolah perlu diadakan. PHBS sendiri merupakan perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan, serta memiliki peran aktif salam aktivitas masyarakat. Di lingkungan sekolah, PHBS adalah upaya untuk memberdayakan warga sekolah termasuk siswa, guru, dan seluruh masyarakatnya agar mengetahui, memahami, dam mau mempraktikkan PHBS sehingga dapat berperan aktif mewujudkan sekolah sehat.

Dalam mewujudkan Sekolah Bersih Sehat dan mempersiapkan pelaksanaan ANBK 2022 di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Jum'at, 16/9/2022 melakukan kegiatan bersih - bersih halaman sekolah, sampah - sampah di taman, menyapu kelas, membersihkan kamar mandi, mengelap kaca yang ada di masing - masing kelas, serta mengepel di kelas, mushola, dan ruang UKS yang dipakai untuk Ruang Sekretariat ANBK 2022. 



Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menyampaikan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat kunci prestasi siswa di Sekolah. Apalagi menyambut dan menghadapi ANBK 2022 yang insyah allah dimulai Senin - Selasa, 19 - 20 September 2022.

Penulis berharap semoga pelaksanaan ANBK 2022 SMP PGRI 6 Surabaya berjalan lancar, rapot pendidikan baik, serta semoga siswa/siswi menjadi generasi emas unggul dan berkarakter. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar