APENSO INDONESIA

header ads

PERINGATAN RABU WEKASAN DI SMP PGRI 6 SURABAYA AGAR SEHAT BERKAH BAROKAH SELAMANYA

PERINGATAN RABU WEKASAN DI SMP PGRI 6 SURABAYA AGAR SEHAT BERKAH BAROKAH SELAMANYA


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Rebo Wekasan adalah hari Rabu terakhir di bulan Safar. Rebo dalam bahasa Jawa adalah hari Rabu, sedangkan Wekasan adalah pungkasan atau terakhir. Sementara itu, bulan Safar merupakan bulan kedua dalam penanggalan tahun hijriyah Islam.

Dalam masyarakat jahiliyah kuno, termasuk bangsa Arab, menganggap bahwa bulan Safar adalah bulan Tasa’um atau kesialan. Sampai saat ini, masih ada sebagian umat muslim yang meyakini anggapan tersebut, khususnya masyarakat Jawa. 

Untuk menghindari kesialan di hari ini, biasanya sebagian masyarakat melakukan beberapa ritual. Rebo Wekasan adalah salah satu tradisi budaya di Indonesia yang sampai saat ini masih lestari. Tradisi ini adalah ritual upacara doa memanjatkan keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Pada tahun ini, Rebo Wekasan jatuh pada tanggal 21 September. Biasanya, sebagian masyarakat akan melakukan beberapa ritual untuk menolak bala atau musibah yang dipercaya akan datang di Rebo Wekasan. Dalam pelaksanaannya, setiap daerah memiliki cara atau tradisi yang berbeda-beda. 

Rebo Wekasan juga disebut sebagai hari diturunkannya bala musibah. Maka dari itu, seseorang dianjurkan untuk memperbanyak zikir dan berdoa. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kesialan tersebut. Sebagian umat Islam juga melaksanakan salat tolak balak pada saat Rebo Wekasan. Salat sunnah lidafil bala’ ini dikerjakan pada waktu duha. Pada setiap rskaatnya, membaca surat Al-Fatihah, lalu membaca surat Al-Kautsar sebanyak 17 kali, surat Al-Ikhlas, dan dilanjut membaca Surat Al-Falaq. Setelah itu, diakhiri dengan membaca doa.

SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir yang mana pada hari Rabu, 21/9/2022 siswa/siswi kelas 7 - 9 bersama bapak/ibu dewan guru dan siswa/siswi SDS Al-Ikhlas Surabaya berkumpul di lapangan untuk membacakan surat yasin, istighosah, dan ditutup doa tolak balak oleh bapak Achmad Syaifuddin, S.H.I.




Dalam kesempatan ini penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menyampaikan kepada siswa/siswi dengan kegiatan rabu wekasan kita semua bersama keluarga besar diberikan kesehatan, kelancaran, rezeki, berkah barokah selamanya, serta semoga SMP PGRI 6 Surabaya PPDB 2023/2024 mendapatkan siswa/siswi yang banyak, berkah barokah selamanya. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat





Posting Komentar

0 Komentar