APENSO INDONESIA

header ads

PROSES DAN SUMBER BELAJAR

PROSES DAN SUMBER BELAJAR


Oleh : Suryadi
Direction of Education Apenso Indonesia



Proses adalah serangkaian operasi atau kegiatan yang diarahkan pada suatu hasil tertentu. Pada Teknologi Pembelajaran dikenal baik proses perancangan maupun penyampaian. 

Pengertian proses mencakup tata urutan yang terdiri dari masukan, kegiatan dan keluaran. Contoh studi tentang proses adalah penelitian yang dilakukan mengenai kaitan strategi pembelajaran dengan cara belajar dan media. 

Strategi pembelajaran adalah metode untuk menentukan pilihan dan tata urutan belajar. Contoh dari proses misalnya sistem penyampaian seperti konferensi jarak jauh; cara pembelajaran seperti misalnya belajar mandiri; model pengajaran seperti misalnya pendekatan induktif ; dan model pengembangan pembelajaran seperti misalnya desain sistem pembelajaran. 

Yang dimaksud dengan sumber ialah asal yang mendukung terjadinya belajar, termasuk sistem pelayanan, bahan pembelajaran dan lingkungan. Sumber belajar tidak hanya terbatas pada bahan dan alat yang digunakan dalam proses belajar-pembelajaran, melainkan juga tenaga, biaya, dan fasilitas. 

Sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu tiap orang untuk belajar dan menampilkan kompetensinya. Sumber ada yang dengan sengaja dikembangkan atau diusahakan dan ada yang dimanfaatkan karena telah tersedia seperti halnya lingkungan.



(Sur)
***






Posting Komentar

0 Komentar