APENSO INDONESIA

header ads

Semarak Gladi Bersih ANBK di SMP Swasta Surabaya Utara

Semarak Gladi Bersih ANBK di SMP Swasta Surabaya Utara


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Rangkaian jadwal Asesmen Nasional Berbasis Komputer meliputi simulasi, gladi bersih, dan pelaksanaan ANBK. Tiap tahap didahului dengan sinkronisasi. Gladi bersih ANBK adalah uji coba pra pelaksanaan ANBK yang sebenarnya di sekolah pelaksana mandiri maupun tumpangan. Kegatan ini digelar untuk memastikan risiko kendala atau kekurangan dalam pelaksanaan ANBK dapat diidentifikasi dan diperbaiki. 

Dengan demikian, pelaksana gladi bersih dapat melengkapi persiapan untuk pelaksanaan ANBK. Pelaksana Asesmen Nasional tingkat satuan pendidikan bertugas mengikuti gladi bersih AN. Sekolah juga dapat mengikutsertakan siswa atau peserta didik yang terpilih sebagai sampel di gladi bersih sesuai jadwal yang ditetapkan, seperti dikutip dari Prosedur Operasional Standar Asesmen Nasional (POS AN) 2022.

Jadwal gladi bersih ANBK ditetapkan tim teknis ANBK pada pelaksana tingkat pusat. Sekolah atau satuan pendidikan yang melaksanakan Asesmen Nasional 2022 mencakup semua satuan pendidikan di wilayah yang boleh melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas berdasarkan penetapan pemerintah, pada jadwal gladi bersih dan pelaksanaan AN sesuai dengan jadwal pelaksanaan ANBK.

Dalam mempersiapkan ANBK 2022-2023 di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir sebanyak 11 siswa kelas 8 mengikuti kegiatan ANBK 2022/2023. 





Adapun kegiatan ANBK 2022/2023 untuk gelombang 1 dimulai 12-13 September 2022. Sedangkan gelombang 2 dimulai 14-15 September 2022 untuk gladi bersih ANBK 2022.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menyampaikan bahwa indikator keberhasilan gladi bersih ANBK 2022 meliputi :
1. Pelaksanaan di lokasi dapat dapat menerapkan dan memenuhi protokol kesehatan COVID-19.
2. Perangkat komputer server dapat berfungsi dengan baik.
3. Perangkat komputer client dapat berfungsi dengan baik.
4. Komputer terkoneksi dengan jaringan.
5. Jaringan internet stabil.
6. Petugas pelaksana seperti proktor, teknisi, dan pengawas ruang hadir, menguasai tugas, dan dapat melaksanakan tugas sesuai fungsinya masing-masing.
7. Peserta dapat memulai dan mengakhiri ujian di ruangan tanpa masalah.

Penulis yang juga Ketua MKKS SMP Swasta Utara memantau pelaksanaan ANBK 2022-2023 di SMP Swasta Surabaya Utara. Penulis menyampaikan selamat bersiap untuk ANBK 2022.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar