APENSO INDONESIA

header ads

Asah Kreativitas Diri Peserta Didik Dengan Pembuatan Dragbar

Asah Kreativitas Diri Peserta Didik Dengan Pembuatan Dragbar


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Dalam memberikan ruang gerak bagi siswa/siswi di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir. Dengan berkreasi sesuai bakat minat yang dimiliki oleh siswa/siswi, pada hari Sabtu, 15/10/2022 melakukan kegiatan pramuka yaitu semaphore dan menyambung tongkat yang diajarkan ole kak Syahrul, S.Pd selaku Pelatih Pramuka di SMP tersebut.




Dimana siswa/siswi sangat semangat trampil membuat tandu darurat atau dragbar. Dragbar akan sangat diperlukan ketika saat-saat darurat utamanya ketika terjadi kecelakaan yang membutuhkan evakuasi korban. Karena itu penguasaan keterampilan Pertolongan Pertama dalam kecelakaan pembuatan dragbar sering kali dilombakan dalam kegiatan kepramukaan.

Dragbar merupakan tandu atau usungan darurat yang dibuat dengan memanfaatkan tongkat dan tali yang tersedia. Fungsi utama dari dragbar adalah untuk memudahkan penolong melakukan evakuasi korban secara aman dan nyaman menuju tempat yang lebih aman atau untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Dalam PPPK terdapat berbagai jenis tandu seperti tandu sepinal, tandu sorong, dan tandu lipat. Namun yang akan dipelajari kali ini adalah tandu darurat.

Penulis selaku Kepala di SMP PGRI 6 Surabaya berharap bahwa semoga kreativitas siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya tumbuh menjadi generasi emas unggul dan berkarakter. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat





Posting Komentar

0 Komentar