APENSO INDONESIA

header ads

DIBUAT TANPA PERAWATAN REPAIR PRODUK KEPENTINGAN EKONOMI PRODUSEN

DIBUAT TANPA PERAWATAN REPAIR PRODUK KEPENTINGAN EKONOMI PRODUSEN 


Oleh: Gempur Santoso 

(Dosen Teknik Industri, Umaha Sidoarjo)


Perawatan perbaikan (repair maintenance) itu masih ada, banyak. Walau namanya service (membersihkan) tetapi pekerjaannya reparasi. 

Contoh: servis handphone, servis kipas angin, servis dinamo, dan lain-lain. Bahkan kadang juga ada alat (onderdil) yang diganti/penggantian.

Sebetulnya semua itu adalah pekerjaan perawatan (maintenance). Jadi pekerjaan maintenance: membersihkan, reparasi/repair (menyetel), dan penggantian.

Dari segi ekonomi. Kecenderungan produk peralatan (onderdildiciptakan tidak bisa repairHarus diganti. Mengapa? Agar beli lagi. Sehingga menghasilkan nilai keuntungan ekonomi.

Seperi peralatan (onderdil) elektrik mobil, begitu rusak, tidak bisa di-repair, harus diganti. Walau tak semua.

Contoh. Injektor rusak, harus diganti. Soket kabel klakson di dalam setir mobi rusak, harus diganti, dan lain-lain. Peralatan yang rusak itu tidak bisa di repair, tapi harus diganti.

Diciptakan kebutuhan agar tidak bisa di-repair, harus diganti. Demi ekonomi. Apabila di-repair bisa jadi sistem electrical mobil akan rusak. Dan, sistem electrical mobil harus di-scan ulang.

Padahal, bagi pengguna apabila peralatan mesin bisa di-repair itu tidak boros biaya. 

Tetapi, tampak jelas diciptakan ketergantungan, sehingga butuh. Konsumen akan menjadi butuh. 

Diciptakan kebutuhan, agar produk laku terjual. 

Jadi pola penjualannya: diciptakan ketergantungan, kemudian menjadi butuh, akhirnya produk terjual. Itu namanya pasar yang dibentuk.

Barangkali pasar asli (tidak dibuat) adalah kebutuhan sembako. Karena tanpa diciptakan kebutuhan. Memang sembako dibutukan masyarakat (pasar). 

Jaman dulu sembako itu diproduksi sendiri oleh masyarakat pelosok pedesaan.

Kini, sembako sudah diproduksi pabrik atau perusahaan. Karena masyarakat semakin tidak bisa membuat (memproduksi sendiri).

Terciptakan ketergantungan pada pabrik. Akhirnya butuh produk sembako dari pabrik (industri). Walau pasar tak perlu dibuat. 

Kehadiran industri secara tak langsung membuat masyarakat butuh industri. Mengapa? Karena semakin banyak manusia. Tanpa pendekatan industri, akan kekurangan produk.

Sembako singkatan dari sembilan bahan kebutuhan pokok. 

Sembako terdiri apa saja? Antara lain: beras, gula pasir, minyak goreng dan mentega, daging sapi dan daging ayam, telur ayam, susu, bawang merah dan bawang putih, gas elpiji dan minyak tanah (bahan bakar untuk memasak), serta garam. Semua itu sudah banyak diproduksi dengan sistem industri. 

Semoga kita selalu sehat dan bahagia...aamiin yra.

(GeSa)








Posting Komentar

0 Komentar