APENSO INDONESIA

header ads

Jadikan Pendidikan Berkualitas di Kota Surabaya Dalam Mencetak Generasi Emas Unggul Dan Berkarakter

Jadikan Pendidikan Berkualitas di Kota Surabaya Dalam Mencetak Generasi Emas Unggul Dan Berkarakter


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Pendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan seseorang, setiap orang berhak mendapatkan meskipun berkembang di setiap waktu atau zamannya. 

Pentingnya pendidikan untuk masyarakat Indonesia pada khususnya, tak lepas dari proses generasi baru yang ditunggu memiliki kecerdasan lebih dalam membangun bangsa salah satunya.

Peran sangat penting pendidikan dalam meningkatkan sumber daya yang handal, sementara rendahnya kualitas pendidikan merupakan penyebab dari krisis sumber daya manusia itu sendiri. Terlebih zaman semakin maju, salah satu dampaknya sangat mempengaruhi perkembangan ekonomi, kualitas pendidikan mumpuni diharap generasi bangsa tak kesulitan dalam mencari pekerjaan. 

Tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi dalam diri, semakin bertumbuh dan berkembang maka setiap individu juga memiliki kreativitas dan pengetahuan yang lebih luas. Serta kepribadian yang baik dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab, pendidikan umumnya bisa dilakukan dimana saja seperti pendidikan formal. 

Selain itu, pendidikan juga dapat dilakukan di luar pendidikan formal, seperti di lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar dan lain sebagainya. Ada pula pendidikan informal, pendidikan yang didapatkan dalam keluarga maupun lingkungan sekitar. 

Generasi muda merupakan garda terdepan dalam membangun bangsa, inilah pentingnya pendidikan. Pendidikan erat kaitannya dengan memajukan bangsa, seiring pengetahuan banyak yang didapat maka akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Khususnya di Indonesia, pentingnya pendidikan agar setiap orang di negara ini memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi terhadap negara mereka. 

Semakin sedikit generasi muda tersentuh pendidikan maka semakin sedikit pula jiwa nasionalisme mereka. Nasionalisme adalah rasa memiliki bangsa dan negara, apabila rasa nasionalisme semakin sedikit maka bisa menyebabkan generasi muda yang tidak peduli dengan bangsa dan negara. 

Dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas di kota Surabaya pada hari Kamis, 6/10/2022 penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir mendatangi undangan DPRD kota Surabaya Komisi D pukul 13.00.



Sebelum memasuki ruang Komisi D tersebut, penulis menyempatkan makan di belakang DPRD Kota Surabaya yaitu di jalan kali untuk menikmati makan siang dari sahabat ibu Luluk Sri Rahayu, S.KH selaku Kepala SMP Tunas Buana Surabaya bersama bapak Syahrul, S.Pd selaku Kepala SMP Kemala Bhayangkari 6 Surabaya. 





Tepat pukul 13.00 penulis bersama bapak Syahrul, S.Pd memasuki ruang Komisi D. Di ruangan tersebut membahas tentang kualitas pendidikan di kota Surabaya. Dalam acara tersebut turut hadir bapak Kepala Dinas Pendidikan kota Surabaya, ibu Kepala Bidang Sekolah Menengah, ibu Kepala Bidang Sekolah Dasar, Koordinator Kesiswaan Dinas Pendidikan kota Surabaya bersama Ketua MKKS SD, SMP Negeri Swasta kota Surabaya. 

Dalam kesempatan tersebut, ibu Ketua Komisi D meminta dan mengajak MKKS dan Dinas Pendidikan untuk mewujudkan pendidikan berkualitas dalam mencetak generasi emas unggul dan berkarakter. 

#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar