APENSO INDONESIA

header ads

NIKMATNYA MAKAN MALAM MENU NASI PECEL IKAN CUMI

NIKMATNYA MAKAN MALAM MENU NASI PECEL IKAN CUMI


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Teramat mudah mengenali berjuta nikmat Allah yang tiada sanggup dihinggakan jika ingin menghitung-hitungnya. Namun, sekuat apakah kesadaran untuk bersyukur telah merasuk dalam hati dan alam pikiran? Seberapa besar perasaan syukur itu mewarnai detik demi detik dalam tiap helaan napas? 

“Bersyukur” kata yang sederhana, akrab didengar sehari-hari dan seolah mudah diamalkan. Namun benarkah demikian? Menurut bahasa, bersyukur mengandung arti mengakui kebajikan. Dalam bahasa Arab dikatakan syakartullaha atau syakartulillaah artinya mensyukuri nikmat Allah swt. Bersyukur secara istilah, dapat diartikan berterima kasih kepada pihak yang telah berbuat baik atau berterimakasih kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan. 

Syukur identik dengan qona’ah dan berhubungan dengan kesabaran. Bahkan menurut Ibnu Qayyim rahimahullah, agama Islam terdiri atas dua hal, yaitu bersyukur dan sabar. 

Sikap qona’ah atau merasa cukup, kerap kali diidentikan dengan mensyukuri apa yang ada. Karena terkadang tanpa sadar dengan kita kehilangan sikap qona’ah kita akan kesulitan dalam menemukan rasa syukur di hati. 

Dalam hal ini dapat kita lihat bahwa syukur berperan penting dalam agama Islam. Bersyukur bukan hanya pada saat mendapat nikmat yang besar saja tetapi dalam jumlah yang kecil pun wajib disyukuri. Seperti dalam riwayat An-Nu’man Ibnu Basyir :

 “Barangsiapa tidak mensyukuri yang sedikit berarti tidak dapat mensyukuri yang banyak dan barangsiapa tidak berterima kasih kepada orang lain, berarti dia tidak bersyukur kepada Allah.” (HR. Ahmad).

Pada hari Selasa, 11/10/2022 penulis selaku Kepala di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir melakukan makan malam nasi pecel ikan cumi dan minum teh panas. Hal itu sebagai bentuk semangat untuk menambah nafsu makan dalam mewujudkan pendidikan berkualitas dalam mencetak generasi emas unggul dan berkarakter. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat





Posting Komentar

0 Komentar