APENSO INDONESIA

header ads

SEKOLAH RAMAH BAKAT DI SMP PGRI 6 SURABAYA

SEKOLAH RAMAH BAKAT DI SMP PGRI 6 SURABAYA


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Sekolah Ramah Bakat (SRB) adalah sekolah yang mengembangkan fitrah/potensi peserta didik agar tumbuh dengan baik sebagai lembaga Pendidikan yang menjadi ujung tombak dalam penempaan dan proses pendidikan harus andal dan senantiasa berinovasi dalam melakukan proses pendidikan, agar output yang dihasilkan signifikan. 

Fakta menunjukkan bahwa, 87 persen mahasiswa di Indonesia mengaku salah memilih jurusan (ICCN: 2017). Tentu hal ini akan berdampak besar pada ketidakmaksimalan dalam proses perkuliahan, pekerjaan atau profesi yang akan digeluti.

Ada banyak faktor mahasiswa berkuliah tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Data menunjukkan hampir 50,55 persen adalah factor eksternal; yaitu karena dorongan orang tua yang menggebu-nggebu, pertemanan yang susah dipisahkan di antara para siswa SMA juga menjadi penyebab salah jurusan, dan bahkan ada yang menganggap akan memudahkan dalam mencari pekerjaan.

Dalam fakta yang lain dapat dijumpai bahwa, saat memasuki jenjang SMA terdapat konflik antara peserta didik dengan batinnya sendiri, konflik dengan orang tuanya, dan konflik dengan bagian administrasi sekolah, karena persoalan jurusan IPA atau IPS.  

Dampak permasalahan yang dirasakan ketika salah jurusan di antaranya; merasa tidak kuat dengan pelajaran di jurusan yang dipilih, malas bahkan tidak ada niat sama sekali untuk berangkat ke sekolah, dan bahkan tidak bisa mengambil prodi di universitas yang sesuai minat karena salah jurusan.

Bakat dan minat siswa itu menjadi suatu yang sangat penting di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir.

Walaupun Sekolah Kecil, Sekolah Pinggiran tetapi bakat siswa tidak pernah dikucilkan di SMP PGRI 6 Surabaya

Pada hari Senin, 10/10/2022 SMP PGRI 6 Surabaya pada pagi hari sebelum pembelajaran tidak melaksanakan kegiatan pengembangan bakat minat siswa yaitu drumband. Namun, mereka berbaris di lapangan menggantikan dengan menyanyikan 5 buah lagu. 

Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya mengajak siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya menjadi Sekolah Bakat uang selalu mengembangkan bakat minat siswa/siswinya untuk terus menjadi generasi emas unggul dan berkarakter.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya




Posting Komentar

0 Komentar