APENSO INDONESIA

header ads

SUMATIF TENGAH SEMESTER GASAL PRAMUKA, SEMAPHORE DI BUMI SMP PGRI 6 SURABAYA

SUMATIF TENGAH SEMESTER GASAL PRAMUKASEMAPHORE DI BUMI SMP PGRI 6 SURABAYA


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com




Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya orang muda yang suka berkarya. Pramuka merupakan sebuah organisasi atau gerakan kepanduan (Boy Scout) yang menjadi wadah atau tempat dilakukannya proses pendidikan kepramukaan di Indonesia. Jadi, pengertian pramuka adalah semua anggota gerakan Pramuka Indonesia yang terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega. 

Pada dasarnya kegiatan Kepramukaan memiliki tujuan untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang ada di dalam dirinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik.

Mengacu pada pengertian Pramuka di atas, adapun tujuannya adalah sebagai berikut :
1. Membentuk karakter/kepribadian dan akhlak yang mulia para generasi muda.
2. Menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa di dalam diri generasi muda.
3. Menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan para generasi muda sehingga menjadi individu yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.

Dalam proses pencapaian tujuan kegiatan Kepramukaan, ada beberapa fungsi Pramuka yang harus dilaksanakan, yaitu :

1. Kegiatan Bagi Generasi Muda
Setiap generasi muda membutuhkan kegiatan yang menyenangkan dan sekaligus mendidik agar mereka menjadi individu yang lebih baik. Kegiatan tersebut harus menghibur, menyenangkan, mempunyai tujuan, sehat, dan terarah.

2. Pengabdian Bagi Orang Dewasa
Bagi orang dewasa, kegiatan Pramuka merupakan suatu tugas yang diemban dengan ikhlas, kerelaan, dan pengabdian. Melalui kegiatan Pramuka inilah orang dewasa dapat membaktikan dirinya secara sukarela demi untuk mencapai tujuan Kepramukaan.

3. Alat Bagi Organisasi dan Masyarakat
Dalam perkembangannya, Pramuka memiliki peran sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan/tujuan masyarakat dan organisasi Kepramukaan. Artinya, setiap kegiatan Pramuka dalam bentuk latihan berkala adalah suatu upaya untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai, baik masyarakat maupun organisasi.

SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Sabtu, 30/9/2022 mengadakan kegiatan extra pramuka pukul 07.00 dengan pelatih kak Syahrul, S.Pd untuk mengajarkan materi tentang semaphore. 



Setelah materi semaphore, kak Syahrul, S.Pd meminta siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas untuk Sumatif Tengah Semester Ganjil mata pelajaran pramuka tersebut. Dimana kak Syahrul, S.Pd memberikan soal lewat bendera semaphore dan siswa/siswi menjawab di kertas. Dimana hasil nilai semaphore langsung dimasukan ke dalam nilai rapot on line untuk kegiatan extra pramuka yang dimana nilai tersebut akan dibagikan di rapot sisipan. 



Menurut penulis, tujuan dari kegiatan itu adalah untuk mengetahui sejauh mana materi yang disampaikan dipahami siswa/siswi atau tidak. Harapan penulis, semoga siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya paham materi, sehingga menjadi generasi emas unggul dan berkarakter. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar