APENSO INDONESIA

header ads

SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN NYAMAN DI SMP PGRI 6 SURABAYA

SUPERVISI PEMBELAJARAN DALAM MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN NYAMAN DI SMP PGRI 6 SURABAYA


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Menciptakan sekolah yang aman, nyaman, dan disiplin sangatlah penting agar siswa dapat mencapai prestasi yang terbaik dan guru dapat menampilkan kinerja yang terbaik. Sekolah yang aman, nyaman dan disiplin adalah sekolah yang warga sekolahnya bebas dari rasa takut, kondusif untuk belajar dan hubungan antar warga sekolahnya positif.

Sekolah yang aman, nyaman, dan disiplin menyediakan lingkungan fisik (gedung, kelas, halaman) sekolah yang bersih dan aman. Selain aspek keamanan fisik, kenyamanan atau disebut iklim sekolah, yaitu menyangkut atmosfir, perasaan, lingkungan keseluruhan secara sosial dan emosional sekolah juga harus diciptakan secara positif. 

Faktor yang mempengaruhi kenyamanan atau iklim sekolah ini adalah hubungan atau keterikatan antar warga sekolah, interaksi antar warga sekolah, rasa saling mempercayai dan saling menghargai antar warga sekolah. 

Dalam menciptakan pembelajaran aman dan nyaman di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir. 

Dimana pada hari Rabu, 05/10/2022 penulis melakukan supervisi pembelajaran di kelas 7 Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran matematika dan pada hari Kamis, 06/10/2022 melakukan supervisi pembelajaran Mata Pelajaran IPA. 

Dalam kesempatan tersebut, ibu Mei Kurniatul Adawiya, S.Pd melakukan praktek membuat domino dan ibu Inda membuat klasifikasi makhluk. 

Menurut penulis selaku Kepala SMP PGRI 6 Surabaya, beliau senang siswa/siswinya nyaman dalam pembelajaran. 
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya




Posting Komentar

0 Komentar