APENSO INDONESIA

header ads

Jum’at Manis Se-Manis Wajah Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya

Jum’at Manis Se-Manis Wajah Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Hari Jumat adalah hari raya bagi umat Islam. Sebagaimana sabda Rasulullah: “Sesungguhnya hari ini adalah hari raya yang Allah jadikan untuk umat slam. Barangsiapa yang mendatangi (shalat) Jum’at maka hendaklah mandi, kalau mempunyai wewangian, hendaknya dia pakai dan pergunakan siwak.” (HR. Ibnu Majah). 

Hari Jumat disebut juga sebagai rajanya hari. Diriwayatkan oleh Al-Imam al-Syafi'i dan al-Imam Ahmad dari Sa'ad bin 'Ubadah dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda: 
سَيِّدُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللهِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَهُوَ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ النَّحَرِ وَيَوْمُ الْفِطْرِ وَفِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ فِيْهِ خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَفِيْهِ أُهْبِطَ مِنَ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيْهِ تُوُفِّيَ وَفِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ الْعَبْدُ فِيْهَا اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ إِثْمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقّرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيْحٍ وَلَا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَّا وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya: "Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturrahim. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.” 

Oleh karena itu, sudah sepatutnya umat Muslim berbuat baik dan memperbanyak amal shaleh pada hari Jumat. 
 
Dari buku Waktu-Waktu Penuh Berkah: Khazanah Islam Klasik oleh Imam Baihaqi, ada beberapa amalan yang dapat dilakukan pada Jumat Mubarok, yaitu:
1. Memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW
2. Membaca surat Al Kahfi.
3. Berpenampilan menarik, memakai wewangian untuk sholat Jumat.
4. Bersiwak, memotong kuku, dan mencukur kumis.
5. Berangkat sholat Jumat lebih awal (menyegerakan).
6. Memperbanyak dzikir dan doa.
7. Membaca surat Yasin dan As Saffat.
8. Memperbanyak amal kebaikan misalnya sedekah.

Sedekah. Itulah yang selalu diajarkan SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir kepada seluruh siswa/siswi-nya.

Walaupun dari golongan menengah ke bawah , tetapi bersedekah tidak pernah dilupakan di SMP PGRI 6 Surabaya, seperti yang dilakukan pada hari Jum’at, 11/11/2022 jam 07.30 mereka selesai olah raga berkumpul di lapangan untuk mengikuti kegiatan pembacaan yasin dan istighosah yang dipimpin oleh ustad Achmad Syaifuddin, S.H.I selaku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 

Selesai pembacaan yasin dan istighosah tersebut seluruh siswa/siswi selalu istiqomah untuk melakukan kegiatan sedekah Jum’at berkah.



Menurut penulis, luar biasa dukungan dari siswa dan orang tua untuk selalu berbagi dan bersedekah, padahal baru kemarin Kamis ketika peringatan hari pahlawan juga melakukan sedekah berbagi makanan, tetapi hari ini mereka tetap istiqomah membawa nasi bungkus yang dibagikan kepada tukang becak, tukang sampah dan pengendara yang melewati jalan di depan gang sekolah tersebut. 

Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya berharap amal baik mereka di terima Allah swt, apalagi ini adalah Jum’at manis se-manis wajah siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat








Posting Komentar

0 Komentar