APENSO INDONESIA

header ads

Maintability dan Geng

Opini K-3:

Maintability dan Geng

Oleh: Gempur Santoso

(Dosen Ergonomi-K3, Teknik Infustri, UMAHA Sidoarjo) 


Maintability merupakan penyelamatan masyarakat pabrik alias karyawan. Dalam suatu usaha/pabrik ada yg bayak karyawan juga ada yg sedikit karyawan. Semua itu harus selamat dalam bekerja. 

Agar semua karyawan selamat. Maka, manajemen perusahaan harus memperhatikan dua hal. Jangan sampai terjadi. Pertama, adalah kondisi yang membahayakan (unsafe condition). Dan, kedua, perilaku yng membahayakan (unsafe action). 

Berbagai macam unsafe condition.  Misal: lantai tempat kerja becek. kena tumpahan cairan, misal air/minyak/oli dan lainnya. Itu seperti jebakan orang akan terpeleset. Maka Segera bersihkan. 

Selain itu, kondisi bahaya, misal lagi: kabel listrik lecet, kabel dan sambungan listrik semrawut (tidak rapi, tidak standar) , menaruh barang berat bulat di atas tak diikat rapat, ban roda berputar tanpa barier (penutup), dan lain lain. Semua itu kondisi membahayakan, naasnya karyawan tak sengaja bisa celaka. 

Unsafe action (perilaku yang membahayakan). Perilaku itu, misal suka bergurau saat bekerja. Karyawan mabuk saat bekerja. Seorang karyawan masih ngantuk saat bekerja. Ada konflik antar geng (antar sekelompok karib teman kerja). Dan lain-lain. Semua itu perilaku membahayakan, dan bisa jadi terjadi kecelakaan kerja. 

Manajemen pabrik harus tanggap, mengelola karyawannya secara sosial. Agar tidak melakukan kegiatan yang membahayakan. Sebab bisa mencelakakan karyawan itu sendiri. Selain juga semua menjadi rugi. 

Secara sosial pun manajer  harus mampu meredam konflik antar geng (kelompok teman karib). 

Memahami siapa saja teman geng karywan itu. Penting. Sering terjadi teman geng mampu merendam agar tidak terjadi konflik antar karyawan. 

Kecelakaan kerja termasuk timbulnya konflik. Akan membuat karyawan berhenti bekerja sejenak. Proses produksi terganggu. Akan merugikan semua. 

Semoga manajer (pengelola pabrik) mampu mengelola, situasi pabrik menjadi harmonis. Dan, semoga kita selalu sehat walafiat...aamiin YRA. 

(GeSa

Posting Komentar

0 Komentar